Selasa, 03 Januari 2017

Makanan Tionghoa

Ang Ku Kueh (Kue Ku)



    Kue Ku atau nama lainnya Ang Ku Kueh. Kue yang berasal dari Cina. "ang" berarti merah, sedangkan "ku" berarti kura-kura. Jadi "ang ku kueh" berarti kue kura-kura yang berwarna merah, karena kuenya dibuat dengan cetakan berbentuk kura-kura dan diberi pewarna merah.

   Kura-kura diartikan sebagai umur panjang. Sedangkan warna merah adalah warna khas kebudayaan Cina yang melambangkan kebahagiaan. Rakyat Tiongkok percaya bahwa jika memakan Kue Ku/Ang Ku Kueh akan berumur panjang, mendapat keberuntungan dan kesejahteraan. Kue ini terbuat dari tepung ketan, yang diisi dengan kacang hijau. Menghasilkan rasa manis gurih serta tekstur yang kenyal saat dikunyah.



Biasanya kue ini disajikan dalam perayaaan tertentu misalnya syukuran bayi yang baru lahir, sembahyang Imlek, dll. Yang tujuannya sebagai lambang dan harapan untuk mendapatkan kebahagiaan, kesejahteraan, rejeki dan umur panjang.


          
             Seiring Perkembangan zaman, Kue Ku tidak lagi dibentuk dalam bentuk tempurung kura-kura, namun juga dibentuk dengan wujud buah-buahan serta bentuk lain yang unik dan menarik tanpa meninggalkan cita rasa aslinya. Penyajiannya pun juga sudah tidak mengikuti waktu perayaan khusus.






Bahan-Bahan untuk Membuat Kue Ku (Ang Ku Kueh)

Bahan-Bahan

1. 2 sendok makan minyak goreng untuk olesan
2. 150 ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa
3. 225 gram tepung ketan
4. 1/8 sendok teh pewarna merah cabai
5. 90 gram kentang, dikukus, dihaluskan
650 gram gula.

Bahan Isisnya

1. 1/4 sendok teh garam
2. 1 lembar daun pandan
350 gram gula pasir
4100 gram kacang hijau kupas, direndam 1 jam
5. 125 ml santan dari 1/4 butir kelapa



Cara Membuat Kue Ku (Ang Ku  Kueh)


1. Tahap awal Isi, anda bisa kukus kacang hijau 20 menit sampai mekar.

2. Dan blender kacang hijau dan santan. Lalu tambahkan gula pasir, dan daun pandan, dan garam. Kemudian masak di atas api kecil sambil diaduk sampai kalis. Lalu dinginkan. Dan timbang masing-masing 7 gram. Kemudian bentuk bola-bola. Dan sisihkan.

3. Lalu Kulit, dan campur tepung ketan, dan gula tepung, dan kentang, dan garam. Dan aduk rata. Kemudian masukkan santan sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Dan tambahkan pewarna merah cabai. Lalu aduk rata.

4. Kemudian ambil 17 gram adonan. Lalu pipihkan.dan  Beri isi. Lalu bentuk bulat. Kemudian masukkan ke dalam cetakan kue ku yang ditabur tepung ketan. Lalu padatkan.

5. Dan keluarkan dari cetakan. Lalu letakkan di atas daun pisang yang dioles sedikit minyak.

6. Dan kukus di atas api sedang 12 menit. Lalu setiap 2 menit  buka kukusannya.

7. Selagi masih panas, lalu oleskan minyak tipis-tipis.








1 komentar:

taffinaidu mengatakan...

Best Slots, Table Games, and Table Games to Play - Online
In the United States, casino gambling is legal, but the state's online 유흥 싸이트 gambling laws are not 페이 백 먹튀 yet 바카라규칙 comprehensive and often the only 실시간 배팅 legal option for 라이트닝 바카라

Posting Komentar